Cerita Saja (7)

Hai kawan-kawan? Apa kabar? Rasanya lama sekali kita tidak berjumpa. Halah.

Sudah bulan Syawal. Idul Fitri juga sudah lewat. Iya kah? Masih H+5 lebaran woy. Di rumah juga belum bikin ketupat. Baiklah. Selamat lebaran, Kawan. Semoga lebaran kalian menyenangkan dan semoga kalian memaafkan segala salah dan khilaf saya.

Anyway, di kampung saya, masyarakat baru bikin ketupat di hari ke tujuh lebaran. Kami sih menyebutnya 'riyaya kupatan', katanya hari raya buat yang hari-hari sebelumnya sudah puasa syawal. Mari kita sebut saja perayaan daripada 'hari raya' yang kok rasanya jadi gimana gitu.

Liburan lebaran ini saya di rumah beberapa hari saja. Menyenangkan. Apalagi keponakan semakin menggemaskan. Uuuuu~

Selama di rumah saya (lebih) memperhatikan orang-orang rumah. Trus saya ngaca. Saya kok baru sadar ya, sebenarnya keluarga saya sudah mencontohkan yang baik loh. Which means, harusnya secara tak sadar saya dulu sebelum merantau sudah dididik seperti itu kok rasanya sekarang saya malah ga jelas begini. Seperti itu bagaimana?

IBU ON TIME BANGET
Kemarin saja waktu lebaran, beliau janjian sama temen-temennya jam 8 pagi. Jam 7 udah heboh buru-buru menyelesaikan segala pekerjaan. Jam 8 kurang malah sudah nyampe di rumah temennya (saya yang nganter). Temennya masih masak. Satunya lagi juga belum siap-siap. Selalu seperti itu, ibu selalu heboh sendiri kalau sudah janjian atau harus melakukan sesuatu yang jadwalnya sudah fix. Beda sekali dengan mbak saya yang kalau saya heboh seperti ibu saya, dia akan komentar, "ah janjian jam 8 tuh pasti jadinya jam setengah 9, atau bahkan jam 9".

Lho? padahal ibu saya sekolahnya ga setinggi saya sama mbak saya loh. Harusnya kami lebih terdidik.

IBU SELALU ADA KERJAAN
Saya tiap di rumah itu heran dan sering komentar, "Ibuk ki panggah enek gaweaaan wae. Mbok yo leren." Ibu saya tuh kayak kalau lowong terlalu lama bingung sendiri gitu. Bingung nyari kerjaan. Saya inget nih. Dulu pas saya masih kecil, kalau lowong tuh ibu saya bukan main ke tetangga tapi lebih memilih ke ladang bekas tebu panen, nyari kayu tebu (potongan-potongan tebu yang kering, kalau ga gitu sisa batang tebu yang masih menancap sama akarnya). Kalau ga gitu belaiau ngebersihin bagian luar rumah entah bagian mana trus bakar-bakar sampah sampek asep masuk-masuk rumah. Udah deh pokoknya adaaa aja kerjaannya.

Nah makanya kalau saya di rumah sering diomeli karena gampang ngebo, kerjanya lambat, dan sering diem mainan hp.

BAPAK DISIPLIN IBADAH
Bapak saya selalu ngomelin saya karena sholat yang, astagfirullah, belum bener.Selalu ngingetin buat dzikir. Bahkan biasanya sms cuma nanyain lagi ngapain trus ngingetin buat dzikir. Biasanya buat menasehati kami bertiga, sekalian dikasih tahu dalilnya. Bapak selalu mengingatkan untuk membaca Al Quran tiap hari walaupun satu ayat. Belakangan ini sejak beliau sakit, selalu ada Al Quran di teras rumah. Beliau duduk-duduk santainya sambil baca itu. Kemarin saya tiba-tiba disuruh berhenti pas mau ke dapur, cuma dikasih lihat satu ayat, dikasih tahu artinya. Udah gitu doang.

BAPAK SEMANGAT BANGET
Ga ngerti lagi. Saya merasa Bapak saya semangat banget. Dulu waktu masih sehat, beliau kayak selalu ada kerjaan gitu. Pulang sekolah, sholat, tidur bentar, bangun, mandi, sholat, berangkat ngajar ngaji, pulang maghrib, sholat, ngajarin adek saya dan teman-temannya sampek isya, sholat, ngajar ngaji lagi, pulang, tidur. Belum nantinya bangun paling awal, sholat sunnah. Belum dihitung juga, beliau paling sering puasa sunnah dibanding anggota keluarga lainnya.

Duh kalau saya lagi ada masalah dan perlu bantuan, beliau bantuin dengan sepenuh hati. Bahkan sering jadi beliau yang mikir. Saya kan biasanya kalau udah pusing langsung tidur.

Ga ngerti lagi. Semangat banget. Saya sampek pernah nanya, "Kok sampean semangat banget sih Pak. Aku wae kuliahe kyk ngene." " Ya piye, trah ngge anak". Gitu katanya.

MBAK SAMA IBU NGATUR DUIT
Saya ga ngerti sama dua orang ini, gimana bisa ngatur keuangan. Kayaknya mereka selalu berhasil menyisihkan uang untuk ditabung. Lah saya? Nabung sih tapi kalau ada maunya.

Belakangan saya juga baru sadar setelah ibu cerita sesuatu. Harus ada uang yang disisihkan untuk keperluan darurat. Misal (naudzubillah) sakit.

SEMUANYA GA NUNDA-NUNDA
Bapak, Ibu, sama Mbak saya kok rasanya tiap ada suatu urusan ga ditunda-tunda. Kalau bisa dilakukan sekarang ya segera dilakukan. Mereka jadi deadliner itu jarang banget. Ga tahu sih, dulu mbak saya zaman kuliah kayak gimana hahaha. Karena saya deadliner, kalau di rumah saya sering banget diomelin. Kan efek nunda baru kerasa nanti-nanti tuh, trus pasti diomelin "Salah sendiri kan kemarin-kemarin ga dicicil dikerjain."

Padahal dari dulu saya diajarin ga nunda-nunda loh. Bahkan dulu saya diajari untuk menyiapkan segala keperluan sekolah : seragam lengkap, uang saku, buku pelajaran, PR, dari malam sebelumnya. Lah sekarang?

Hayolooo


OOT
Ini penting! Handa-kun episode 1 udah keluar. Aaaaaa~ ga sabar pengen nonton ^^

Comments

  1. Kalau di daerahku H+5 Nal, namanya "kupatan". Tapi, sebagian doang, nggak semua orang, rumahku juga engga.
    Wah mirip di rumahku. Terutama yang nggak nunda-nunda, kena omel mulu aku kalau "sek-sek". Bapak Ibumu sama kayak orangtuaku, bahkan adekku, cowok, juga rajin. Cuma aku yang males-malesan dan suka berantakan. Anak tetangga opo yaa aku.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Es Wawan