Cerita Kuliah Pertama - Part 1

Hai, akhirnya kuliah juga. Saya dipertemukan pertama kali dengan mata kuliah nonprodi. Sistem Avionika oleh Pak Toto Indrayanto. Sepertinya akan menjadi kuliah yang menarik. Saya tertarik dengan metode pembelajaran yang diberikan. Kami akan belajar melalui presentasi dari kami sendiri tapi ini bukan kelompok ini presentasi bab ini, kelompok itu bab itu tetapi setiap bab akan dipresentasikan oleh satu kelas. Saya ngebayangin jatohnya nanti bakal seru. Kayaknya sih haha.

View dari ruang kuliah sistem avionika

Selanjutnya saya masuk kuliah Dasar Sistem Kendali Cerdas. Hahahaaa pembukaan kuliah ini menyadarkan saya bahwa manusia itu ciptaan yang hebat. Bukan saatnya untuk sombong bahwa kita hebat tetapi saatnya mengakui bahwa Sang Pencipta sangatlah keren.

"Bagaimana anak kecil bisa memahami kursi? Saat diberikan kursi yang berbeda bentuk dan warnanya, bagaimana dia juga bisa mengerti bahwa itu adalah kursi?"

Pertanyaan lebih membuat kagum lagi, "Bagaimana manusia bisa menambahkan pengetahuan di memorinya. Jika kita ibaratkan ukuran memori manusia dalam byte, berapa nilai byte yang menggambarkan rata-rata ukuran memori manusia yang besarnya tak lebih besar dari kepala?" pertanyaan kedua itu pertanyaan dalam pikiran saya haha.

Pembicaraan dengan Prof. Carmadi sebelumnya juga membuat kagum, "Manusia dikaruniai kemampuan untuk menyusun algoritmanya sendiri seperti anak kecil yang belajar berjalan, dia awalnya tak tahu bagaimana cara berjalan namun seiring berjalannya waktu dia belajar dan menyusun algoritma untuk berjalan." Lalu saya membandingkannya dengan NAO yang seharusnya saya dan teman-teman urus, buat jalan aja dia harus dijagain kanan-kiri-depan-belakang hahaha.

Pembahasan tentang pengantar ini dilakukan Pak Bambang, Dosen pengajar DSKC, sambil meminta kami untuk memberikan pendapat. Kami banyak diam, termasuk saya. Saya masih takut untuk speak up. Mungkin saya adalah contoh hasil pendidikan sistem pasif di Indonesia, hanya terima saja dijejal-jejalkan materi, hanya menerima. Dan kepasifan ini masih terbawa hingga sekarang, tak hanya di kelas tapi juga di bagian kehidupan lainnya.

Trus kemarin berencana abis isya mau belajar ngeprogram NAO di D4 tapi pas ke sana dikunci -___- padahal biasanya cuma kunci sidik jari dan ruangannya digembok pakai gembok kode -___- Gagal deh.

Semester ini juga ambil mata kuliah yang diajar Pak Iyas lagi. Sistem kendali Multivariabel. Tadi pas kuliah saya dapet beberapa hal ini. <1> Indonesia itu keren. Indonesia mampu mempersatukan banyak suku. Eropa mana ada? Beliau bangga dilahirkan di NKRI ini. <2> Kerinduan akan anak himpunan elektro yang jadi ketua di Kabinet KM. Hahahaaa. Katanya sih, pas wisuda dibilang yang cum laude segini itu biasa tapi kalau dibilang yang aktif di sana sini ada banyak itu baru keren. Menurut beliau, kalau kita ketemunya sama anak-anak elektro lagi yang diomongin ya itu-itu saja, pakai bahasa elektro. Coba kalau ngomong ke anak seni rupa pakai bahasa elektro? ga nyambung kan? makanya perlu ikut kegiatan-kegiatan yang membuat kita berinteraksi dengan yang lainnya. Dan saya bersyukur saya masih ikut unit ehehee saya merasa memang itu sangat menyenangkan dan berguna. Ahahaa saya sangat berharap mendapat banyak pesan-pesan kehidupan di sini. Makanya, kuliahnya yang bener, Nal wkwkwk

Dirangkum ya. Pelajaran kkehidupan nomor dua : belajarlah humanoid robot agar kau semakin sadar dan bersyukur atas penciptaanmu. Nomor tiga : banggalah menjadi bagian dari bangsa yang kaya ini. Kita  tak kalah keren dari belahan dunia lain. Nomor empat : jangan kuliah doang kalau mau dibilang keren.

Hari ini di sekre ada oleh-oleh dari Mbak Mirna. Dia abis exchange di TUAT, Jepang. Saya disisihin postcard dan pembatas buku sama Fitri tapi pas saya ke sekre saya lihat masih ada postcard lainnya. Dan saya suka dua lainnya. Maaf ya, Fit. Aku memilih postcard yang lain. Postcard pilihanmu diambil Zahro. Maaf juga ya yang lainnya, saya kemaruk, saya ambil kedua postcard yang saya lirik. Gomennasai. Tapi salah satu postcardnya sudah diberikan ke anggota PSTK lain yang belum dapet kok :))


Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan