MBC Day 6, 11 Juli 2013

MBC hari ini seperti biasa, ada apel pagi. Pada apel pagi yang diadakan di baksil ini kami tidak memiliki kuorum yang telah disepakati pada day sebelumnya, yaitu 228 orang. Kami hanya bisa mendatangkan 199 orang. Dan yang lebih parah daripada biasanya, kami tidak semua bisa menyebutkan siapa yang tidak datang, hanya beberapa orang saja yang tau. Dari itu, seniro mengatakan bahwa kepedulian dalam angkatan kami masih sangat kurang, kami masih individualis.

Lalu kami dites nyanyi lagu-lagu HME karena pada day sebelumnya masih banyak dari kami yang belum hafal. Dan ternyata masih ada juniro yang belm hafal salah satu lagu HME. Maka ditunjuklah juniro Alvin sebagai PJ untuk mengajari mereka. Lalu kami diajari tiga lagu HME lagi : disini EL, HME Himpunanku, dan Percayalah. Sebelumnya, seniro mengatakan bahwa walaupun kami puasa, semangat kami harus tak kalah dengan biasanya.

Kami dimobilisasi ke Saraga. Ternyata di day ini kami akan melakukan simulasi arak-arakan. Pertama-tama, kami diajari formasi penyambutan gundala-gundili yaitu foemasi U. Formasi ini terdiri dari 35 banjar yang menghadap arah datangnya gundala-gundili, diutamakan performer di depan, diikuti yang selain performer. Lalu di samping kanan kirinya juga dibentuk barisan, performer ada di depan, diikuti selain performer. Di dalam formasi itu, ada maskot yang berbaris di tengah bentuk U.

Selanjutnya formasi arak-arakan yang terdiri atas enam banjar. Di barisan paling depan, ada 4 maskot, dan 2 pembawa bendera di kanan-kirinya. Di belakangnya ada performer. Di belakang performer, gundala-gundili akan membentuk 4 banjar, dan di kanan kirinya kami membentuk 1 banjar. Setelah gundala-gundili habis, sisa pengarak menyesuaikan barisan. Barisan di kanan-kiri gundala-gundili ini berfungsi untuk melindungi gundala-gundili dari gangguan luar dan menjaga gundala-gundili agar tetap dalam barisan.

Lalu kami melakukan simulasi arak-arakan dengan mengelilingi trek lari saraga dua kali. Selama berjalan, kami menyanyikan lagu-lagu yang pernah diajarkan. Jika ada diantara kami yang ttidak hafal, maka akan ditarik keluar, entah diapakan. Setelah selesai, kami ada eval sebentar di lapangan tersebut. Inti dari eval tersebut adalah semangat kami masih kurang dan masih ada yang belum hafal. Selanjutnya, kami diistirahatkan, dan harus ke labtek VIII pukul 12.45.

Di basement labtek VIII, kami mengadakan forum. Pertama, kami membahas progress persiapan kami untuk arak-arakan. Untuk properti, karpet sudah 90%, teko jin 50%, backdrop sudah 70-80%. Untuk properti massa, kami diharapkan membuat untuk seratus orang atau lebih. Untuk kendala dalam pembuatan properti ini, yang pertama banyak yang diklat, yang ngerjain dekor juga perform, sudah bulan puasa sehingga terbatas sampai maghrib. Rata-rata yang datang sekitar 120 orang dengan ada yang pergi, ada yang pulang (shift). Kesulitan selanjutnya avalah tempat menaruh properti yang kurang aman, masih ada barang-barang yang hilang. Untuk beberapa masalah tadi, seniro memberikan saran untuk memaksimalkn SDM yang ada. Untuk tempat, kami bisa menghubungi HME agar properti tersebut disimpan di HME saja.

Selanjutnya dibahas tentang perform. Untuk perform, tarian sudah jadi, penari juga sudah hafal. Tinggal ekspresinya yang belum. Tari yang akan dimunculkan di performance nantinaya adalah tari 1000 tangan, tari perut, tari rakyat, tari jin, tari pasangan, tari prajurit, dan flashmob. Inginnya, semuanya ikut flashmob. Tapi mengingat waktu dan tempat, serta yang tampil sudah cukup banyak, seniro menyarankan flashmob untuk yang perform saja. kendala yang ada di perform adalah bentrok dekor, speaker dan jadwal latihan yang ngaret.

Seniro juga mengingatkan kami agar kami tetap menjaga etika, terutama untuk kostum. Apalagi sekarang bulan puasa.  Seniro juga memberi tahu tempat kami perform, yaitu di gerbang depan dengan waktu 10 menit, yang akhirnya ada revisi menjadi 7 menit.


Seniro juga mengatakan bahwa saat kami mengarak itu untuk mengapresiasi, maka lakukan seperti kita yang diapresiasi. Hal ini bisa ditunjukkan dengan kuantitas maupun kualitas kita. Untuk kuantitas, kami diharapkan vatang lebih dari jumlah kami hari ini, 199 orang. Dan akhrnya disepakati bahwa 12 Juli harus ada data konfirmasi. Tadi telah ada usul bagaimana cara kami mengajak teman-teman kami yang susah dihubungi. Mulai dari menghubungi teman dekatnya, memperbanyak massa yang mengajak, lebih persuasif. Setalah semua dibahas, day ini pun berakhir.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan