MBC Day 3, 03 Juli 2013

Di awal MBC day-3 ini hal mengecewakan terjadi pada angkatan kami, ada kasus keterlambatan, ada ketidak lengakapan absen, dan masih ada yang belum mengumpulkan tugas bersama (ke Seiko). Hal ini yang selanjutnya dibicarakan di akhir forum. Selanjutnya, kami diajari 4 lagu supporteran HME, yang berjudul : HME Petirnya ITB, Apa Jadinya, Abu-Abu dan hanya Ada Satu. Setelah dicontohkan oleh seniro dan senorita sekitar dua kali, lalu kami menyanyikannya bersama.

Materi selanjutnya adalah “Buka Mata” yang merupakan program dari keprofesian HME. Di sesi ini kami dikenalkan dengan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) yang merupakan asosiasi keprofesian nonprofit yang berpusat di New York. Seniro yang menjelaskan ini menyarankan kami untuk sering mengunjungi www.ieee.org, malah kalau bisa menjadi member IEEE ini karena sangat membantu keprofesian kami. Kami bisa mendapat informasi teknologi terbaru masa kini, kami bisa mendapat wawasan keprofesian yang lebih, dan juga IEEE merupakan sumber jurnal-jurnal penelitian elektroteknik. Seniro tersebut juga mengenjurkan kami untuk sering-sering membuka TED, www.ted.com ,  yang isinya juga tentang teknologi masa kini.

Selanjutnya kami juga dijelaskan tentang produk terbaru yang dipublikasikan di IEEE. Yang pertama bernama Leap Motion Controller. Device ini berbentuk kotak yang akan mendeteksi gerakan tangan kita. Sehingga kita bisa mengoperasikan komputer tanpa menyentuhnya. Alat ini mempunyai ketelitian sampai 0.01 mm. Dia bisa mendeteksi gerakan kesepuluh jari kita. Jadi bisa saja suatu saat touchscreen itu akan tergeser oleh teknologi ini.

Yang kedua, kami dijelaskan tentang MYO. MYO ini berbentuk gelang. Alat ini bekerja berdasar pada impuls listrik yang dihasilkan tubuh. Dari video yang diperlihatkan, dengan alat ini kita bisa me-remote suatu benda tanpa harus menyentuhnya, cukup gerak-gerakkan saja tangan kita.

Teknologi yang selanjutnya yaitu Smart Grid. Smart grid ini merupakan sistem pendistribusian listrik seperti biasanya, tapi memiliki timbal balik, baik ke konsumen, maupun ke PLN. Sebagai contoh, jika ada suatu device yang rusak, akan menyebabkan listrik tidak normal. Maka si Smart Grid ini akan memberitahukan hal ini kepada konsumen, sehingga penanganan dapat segera dilakukan.

Lalu kami juga dijelaskan tentang Tesla Coil yang merupakan media pembangkit listrik AC tegangan tinggi dengan rekuensi tinggi. Tesla Coil ini memungkinkan adanya listrik nirkabel. Karena tegangannya yang tinggi, lampu yang ada di sekitar tesla coil bisa menyala. Hala ini tentu saja bisa menjadi cikal bakal teknologi nirkabel masa yang akan datang.

Selanjutnya kami dijelaskan tentang salah satu pengaplikasian keprofesian elektroteknik, yaitu NIMtag, yang menjadi tugas kami selanjutnya. Setelah itu, kami diberikan penjelasan tentang kurikulum 2013 ini untuk elektroteknik. Dalam hal ini, saya lebih fokus ke teknik elektro. Untuk teknik elektro, pada semester 3 ada 19 sks, biasanya tidak boleh nambah. Dengan RE 4 sks, praktikum RE 1 sks, Sisdig 4 sks, praktikum sisdig 1 sks, matek 3 sks, prostat 3 sks, dan struktur diskrit 3 sks. Untuk semester 4 elektro ada 17 sks. Kurikulum power secara umum sama. Untuk perkuliahan, kata senironya anak Telkom bakal jarang ketemu sama prodi yang lain karena kode matkulnya sudah ET. Mungkin bisa ketemu pas matek.

Kami juga dijelaskan tentang Labdas. Labdas terletak di labtek 8 lantai 3. Intinya, di labdas jangan sampai terlambat, kalau terlambat barang satu detik maka harus mengulang tahun depan. Untuk praktikum, praktikan akan mendapat Modul BCL, kartu praktikum, dan nametag. Semua harus dibaw dengan alat tulis dan kalkulator. Sebelum praktikum, HARUS BENAR-BENAR BACA MODUL.  Juga harus mengisi daftar hadir di TU lab dan mengurus kunci loker. Tips dari seniro-senorita saat praktikum adalah, jangan malu bertanya pada asisten praktikum (apalagi jika terkait pemakaian alat), jangan grogi ketika dosen atau kordas datang menghampiri, berhati-hati dengan semua alat-alat praktikum, dan ikuti setiap langkah pada modul dengan tepat. Di dekat TU ada papan pengumuman. Di papan pengumuman itu biasanya nilai praktikum ditempel.

Untuk pergantian jadwal, pada kasus biasa, pertukaran hanya boleh dilakukan pada modul yang sama, prosedurnya adalah isi form ganti jadwal yang terdapat di situs lab dasar, tunjukkan ke TU untuk ditandatangani, lalu serahkan form ke asisten praktikum. Sedangkan untuk kasus khusus dan mendesak seperti sakit, isi form sesegera mungkin (setelah sehat) dan urus kembali ke TU sambil menunjukkan surat dokter.

Di bagian akhir, kami diberi tugas membuat NIMtag yang bisa di pasang di lengan, tahan air.NIM yang diisikan adalah 3 digit terakhir NIM STEI. Ada LED bagian atas yang menunjukkan jurusan. Hijau berarti elektro, biru berarti telkom, merah berarti power.
Lalu ada tugas membuat panji HME dengan  ukuran 90x60 dan 120x180 dalam cm. Spesifikasinya mudah dibawa, tahan  air, kuat. Mulai day ini juga kami harus membuaut resume materi day itu di blog kami. Kami juga diberitugas untuk membuat blog angkatan yang berisi empat hal : isu elektroteknik, materi MBC tiap day, dinamika angkatan, dan link ke blog masin-masing anggota angkatan.

Di forum akhir, seniro-senorita mengeluarkan kekecewaannya kepada kami. Tentang kesalahan-kesalahan yang telah disebutkan. Lalu seniro mengganti pemangku jabatan Casio, Seiko dan Vario. Andre Tansil diangkat menjadi vario baru menggantikan Tama, Reza menjadi seiko baru menggantikan Mario, dan Abram menjadi casio baru menggantikan Tommy.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan