Kekeluargaan


Kok ternyata di KBBI ga ada kata "kekeluargaan" tapi itu sering dipakai. Ya sudahlah, biar saya coba definisikan sendiri. Jadi kekeluargaan itu apa? Kalau saya sih kebayangnya kekeluargaan adalah ukuran kenyamanan, keakraban dan level hubungan seperti-keluarga-sendiri. Ya intinya kalau seseorang bisa menganggap orang lain sebagai keluarga sendiri atau merasakan suasana mendekati keluarga ideal dalam suatu komunitas, itu artinya kekeluargaan antara orang itu dan orang lain atau komunitas yang dimaksud tinggi.

*RALAT*
Ternyata setelah nyari di KBBI Online ada kata kekeluargaan.
kekeluargaan/ke·ke·lu·ar·ga·an/ n perihal (yang bersifat, berciri) keluarga
ke·lu·ar·ga n 1 ibu dan bapak beserta anak-anaknya; seisi rumah; 2 orang seisi rumah yang menjadi tanggungan; batih; 3 (kaum -- ) sanak saudara; kaum kerabat; 4satuan kekerabatan yang sangat mendasar dalam masyarakat;

Nah, I think I am a type of person that value kekeluargaan more than just obligation or professionalism. Maksud saya, saya ga pengen dalam sebuah kelompok, tim, komunitas yang saya ada di dalamnya, saya hanya melakukan segala sesuatu hanya karena saya harus, hanya karena profesionalisme. Saya pengen ada hubungan baik di luar profesionalisme di sana. Hubungan sosial. Saya ingin punya teman. Saya ingin suasana yang menyenangkan. Jadi saya dapat melakukan apa yang harus saya lakukan dengan hati yang lebih enteng, tanpa tekanan. Hahaa It seems, most of people have the same desire.

Kalau pas zaman saya masih TPB sih, seorang mas di PSTK pernah bilang, "kekeluargaan itu bisa dimunculkan dengan jalan bareng, makan bareng, dan tidur bareng." Mungkin lebih tepat kalau kita mengatakan hal-hal tersebut sebagai katalisator tumbuhnya kekeluargaan.

Tapi ternyata ga semua orang mau diajak jalan bareng atau makan bareng, apalagi tidur bareng. Tidur bareng tuh bukan berarti literally tidur, bisa saja menghabiskan waktu malam bersama ngerjain tugas, atau hanya sekedar kajian tentang sesuatu.

Udah deh. Gitu saja.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan