GSoC (Terpaksa)


Hallo, minna-san. Kemarin saya janjian sama, sebut saja Kak Hendy. Minta tolong buat ngesolve masalah di program orang yang keluarannya saya perlukan. Harusnya saya bisa solve sendiri sih. HARUSNYA. Makanya, Nal, belajar lah! Jangan mager melulu.

Sempat ada beberapa kata yang seharusnya jleb sih tapi entah kenapa ga seseram jika itu diucapkan oleh dia-yang-saya-pernah-ceritakan-saya-takuti di post cerita saja yang edisi pertama.

Tiba-tiba ditanyain ... "Nala, kamu ga ikutan GSoC?", "Enggak. Sebenernya saya belum ngeh itu apaan dan ngapain sih, Kak."

Akhirnya dijelaskan dikit. Trus dipaksa buat sign up. Selanjutnya dipaksa buat baca list organisasi. Trus dipaksa milih organisasi yang menurut saya menarik. Trus dipaksa buat bikin proposal. Dan selanjutnya dia pamerkan ke grup -_-

Jadi GSoC apaan? Googling saja kepanjangan dari GSoC apa. Intinya dia adalah salah satu sarana untuk mengisi liburan dengan lebih berguna (jika terpilih). Membuat kita bekerja dan belajar selama liburan tapi juga dikasih sesuatu yang setimpal dengan itu. Kayaknya sih ini (salah satu) bentuk CSR nya Google. Kayaknya lho. Ini cuma tebakan saya.

Nah, ngerjain apa? ngoding. Ngoding apa? ngoding yang tujuan dan spesifikasinya sesuai dengan ide-ide project dari organisasi-organisasi yang mengikuti GSoC. Ceritanya organisasi itu perlu orang buat mengerjakan ide-ide project itu, dan para mahasiswa bisa menjadi orang yang terpilih untuk mengerjakannya. Dan Google ada sebagai jembatan antara keduanya dan memberikan segenap uang kepada organisasi dan yang mengerjakan ide itu. Kegiatan ini didesain untuk dikerjakan pas liburan summer jadi berasa kayak KP gitu cuma KP nya ga harus datang ke perusahaannya dan perusahaannya pun nun jauh di sana. Kalau penasaran, googling saja sendiri haha.

Trus jadi promosi.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan