Imajinasi


Barusan baca sedikit paragraf di Dunia Sophie nih. Di sana sedang dijelaskan bahwa ada "pola ideal" yang ada dalam setiap orang. Misal nih, ada "kuda ideal" sehingga mau kudanya beda-beda pun orang-orang masih tetap menyadari bahwa itu adalah kuda. Pembahasan ini mengingatkan pada pemikiran saya waktu masih kecil. Masih SD kalau ga salah.

Waktu itu pikiran yang muncul adalah, "apakah 'hijau', 'merah', dan warna lain yang saya lihat juga terlihat sama bagi orang lain? Jangan-jangan 'hijau' menurut saya ternyata terlihat sebagai 'pink' di mata orang lain sehingga dengan benda yang sama bisa saja terpersepsi dengan warna yang berbeda (komposisi RGB yang berbeda) walaupun nama warnanya tetap sama."

 Waktu itu belum dapet pelajaran bahwa cahaya tampak itu punya beberapa spektrum yang menentukan warna yang terlihat oleh mata manusia sih. Hahaa jadi mikirnya masih begitu. Tapi sekarang sudah tahu kok kalau cahaya itu punya banyak frekuensi dan yang terpantul ke mata manusia itu lah yang memformulasikan warna dalam mata manusia. Jadi sekarang sudah tahu kalau 'hijau' menurut pandangan saya itu akan sama di mata orang lain.

Ini dikasih judul apa ya?

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan