Ngomongin Antisosial

Assalaamu'alaikum. Halo!

Dalam kehidupan keseharian saya, sering muncul kata ansos atau antisosial. Biasanya ini dicapkan pada orang yang tidak terlalu bergaul di lingkungannya. Mungkin orang macam saya. Hahaaa. Makanya sebagai orang yang merasa bahwa dirinya sesuai dengan definisi ansos dalam keseharian saya, saya pengen menuangkan uneg-uneg terkait hal ini.

Orang yang dicap ansos belum tentu dia tidak mau bergaul dengan lingkungannya. Bisa jadi, dia saking dari zaman kecilnya jarang main, dia jadi terlalu sering sendiri. Selanjutnya dia jadi lebih menikmati waktu sendiri. Jauh dalam lubuk hatinya pasti dia juga ingin punya teman. Manusia itu tak selalunya bisa menikmati waktu sendiri, pasti ada saat dia butuh keluar. Dia juga ingin diterima di lingkungannya. Bisa jadi, keseringannya sendiri membuat dia tidak tahu bagaimana harus berinteraksi dengan orang lain. Membuat dia tak tahu harus berbuat apa. Membuat dia tak tahu harus ngobrolin apa. Membuat dia kikuk. Membuat dia kaku dan mungkin bagi orang lain, dia bukan orang yang easygoing atau apapun lah namanya. Mungkin karena kekikukannya secara tak sadar dia membangun tembok tak kasat mata dengan sendirinya. Membuat seolah dia tidak bisa dijamah. Selanjutnya, mungkin kekakuan ini membuat orang lain agaknya memilih kotak yang lain. Kalaupun dia sedang ada di dalam sebuah kotak, terkadang dia akan merasa seolah tersingkir. Entah sebenarnya dia memang disingkirkan atau tidak. Mungkin dia hanya terlalu sensitif sehingga merasa orang lain menyingkirkannya. Dan hal ini menjadi sesuatu yang buruk lagi kan?

Jadi, orang yang kelihatan ansos itu sebenarnya hanya perlu orang lain minimal satu orang untuk mendrag dia keluar. Butuh orang lain yang mau ngajak dia ngobrol. Bisa jadi jauh di dalam hati orang ansos, dia bingung harus seperti apa untuk menghilangkan "tembok"nya.

Demikianlah jeritan hati salah satu orang yang mungkin termasuk ke dalam kategori ansos dalam definisi yang saya temui di keseharian saya.

Anyway, kata Steve Bressert dalam psychcentral.com, antisosial yang sebenarnya adalah sebuah disorder dimana seseorang itu tidak dapat menghormati hak orang lain, dia banyak violating others atau mungkin juga menyalahi aturan. Mereka tidak punya empati dan tidak merasa bersalah ketika harus melanggar hukum atau aturan demi keinginan mereka.

Btw, setelah selesai nulis beberapa paragraf di atas, saya jadi mikir, sebenernya ansos itu antisosial atau unsocial ya? Soalnya kalau hasil searching lebih lanjut, kata yang lebih pas untuk menggambarkan keadaan orang yang kurang bergaul adalah unsocial.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan