Ga Tau Sebabnya

Ditulis kemarin, 29 Desember 2014

Hari ini seperti biasanya saya masih saja malas-malasan. Hehehee saya juga heran ini saya sudah semakin tua, harusnya lebih dewasa, tetapi masih begini-begini saja. bahkan pagi-pagi saya masih malas-malasan, masih tiduran, sementara ibuk saya sudah melanglang buana ke sawah, ke rumah emak, entah kemana lagi. dasar!

Saya hanya menyapu rumah, setelah itu dimintai bapak saya untuk mengajari bagaimana mmenggunakan computer. Maklum, bapak saya belum pernah belajar computer jadi ya minta tolongnya ke anaknya. Hehehe. Alhamdulillah bisa ngajarin orang tua, hehehee.

Tiba-tiba saja siang hari saya mendapati mbak saya di kamarnya. Hahah, tumben banget. Setelah ngobrol sebentar dengan mabk saya. Jujur, kali ini lebih santai daripada yang pertama ketemukemarin pas dia bareng suaminya. Kemarin awkward banget. Gara-gara ngomongin ayam yang seenaknya pup di emperan depan rumah, eh tiba-tiba mbak saya ngepel emperan setelah saya sapu. Wow! Dia mau olah raga atau gimana saya ga tau. Yang jelas inisiatif sekali dia. Walaupun lagi hamil masih mau ngepel. Hehehe. Tapi tebakanku, sebenarnya itu tanndanya dia nyuruh saya ngepel rumah. Hahahaa. Mbak saya tau saja, kalau kerjaan beginian saya lebih semangat kalau ada teman. Kalau sendirian, mau sampai seminggu pun juga bakal males. Hahahaa cara mendidik yang bagus (y).

Wow, setelah entah berapa lama, tadi sore keluarga saya berkumpul. Lengkap. Ada Bapak, Ibuk, Mbak Ulfah, Saya, dan Agung. Ada rasa yang aneh sih dalam diri saya. entah apa. Hahahaa. Tapi sore itu kami tiga bersaudara mendapat wejangan dari bapak. Dengan cara yang mungkin agak berbeda dengan keluarga lain. Keluarga lain mungkin wejangan diberikan dengan benar-benar ngobrol tapi di sini, di keluarga ini mungkin susah dengan cara seperti itukarena keluarga kami tipe kularga jaim, sok cuek begitu. Jadi kami tadi diberikan wejangan saat kami sibuk membuat makanan. Itu pun bapak saya ngomongnya di kursi yang terhalang lemari. Biasanya kalau pas sedang benar-benar ngobrol dan terasa ada wejangan, ya kami malah nyari kesibukan gitu deh, biar ga kerasa serius kali ya. Ya tapi bapak saya tahu, itu style kami. Kami mendengarkan kok walaupun kelihatan sibuk.

Maghrib pun tiba. Waktunya sholat. Dulu, sebelum mbak saya menikah, mbak saya sholatnya di kamarnya sedangkan kami yang lain sholatnya di tempat sholat umum keluarga kami. Seingat saya terakhir kali kami sholat bersama ya pas puasa yang lalu, tapi bersama suaminya mbak Ulfah. Hahahaa hari ini saya memberanikan diri sok sok an ngajak mbak saya sholat berjama’ah bareng di tempat sholat keluarga. Ya saya bujuk sambil agak merengek gitu sih hehehe. Maklum, itu khas saya.
Akhirnya kami sholat berjama’ah. Untuk pertama kalinya setelah sekian lama, lengkap. Saya sih merasa biasa saja. tapi saya tak tahu apakah alam bawah sadar saya itu terlalu ahli menipu atau bagaimana, setelah takbir pertama pun saya rasanya sudah mau nangis. Sesuatu pasti ada penyebabnya , tetapi saya tak tahu apa sebabnya. Tiba-tiba saja begitu. Saya tahan agar tak ketahuan yang lain apalagi sehabis sholat harus bersalaman dengan yang lain. Saya gam au terlihat lemah dong. Apalagi nangisnya sebabnya ga jelas. Hahahaa dasar!

Tapi pas do’a. Aduh, udah ga bisa ditahan. Untung tempat saya di paling pojok bisa rada menyembunyikan diri tetapi ternyata isakan saya tak bisa ditahan juga. Ya sudah, terlanjur terdengar, saya puas-puaskan saja menangis. Menangis tanpa sebab yang saya ketahui. Mungkin senang atau sedih yang saya tak bisa merasakan atau gimana ya saya juga gak mudheng.


Tapi ya saya senang, tapi ya ga menggebu-gebu banget gitu sih. Saya senang akhirnya keluarga saya rukun. Ngumpul bareng. Masa lalu yang menyebalkan sekarang saya  sudah jarang melihatnya. Alhamdulillah. Terima kasih ya Allah, Engkau berikan kenikmatan demikian besar. Banyak sekali hingga hamba tak mengingatnya apalagi menghitungnya. Terima kasih, Ya Allah. Tetap berkahilah keluarga kami!

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan