Getting Along with Everyone

Assalaamu'alaikum!

Tak terasa, tinggal tiga minggu lagi saya numpang di sini. Masih ada beberapa tugas akhir mata kuliah yang belum dikerjakan. Masih belum masuk minggu-minggu uas sih. Time flies so fast. Kok jadi tiba-tiba gini sih.

Ngomong-ngomong, Umi, mantan teman sekamar saya, sudah berangkat ke Maluku. Semoga barokah apa yang dia lakukan. InsyaAllah we will meet next time, Um. Sekarang juga saya sudah kangen dia. Sudah lima bulan tak bersua. Terakhir bertemu pun hanya pertemuan singkat di minggu awal Januari.

Saya pernah bilang, saya punya target getting along with everyone di bulan terakhir saya di sini. Tampaknya Allah mendukung keinginan saya ini. Setelah saya menulis blog yang mengandung keinginan itu, tiba-tiba manajer English Cafe (selanjutnya mari sebut saja engca) menghubungi saya, Taehun namanya. Dia menanyakan apakah saya bisa dan mau bekerja di engca. Saya kaget tetiba mendapatkan pesan seperti itu. Padahal sebelumnya saya pernah ngobrol dengan Liyana, teman dari Malaysia, bahwa Taehun karena sesuatu hal tak mau menghire Indonesian lagi. Dan saya pun tak pernah secara langsung meminta pada Taehun untuk dipekerjakan di engca. Pernah secara tak langsung meminta, dan itu pas bulan April lalu. Saat itu dia bilang ke saya, "kamu main-main ke engca saja." Tapi saya tak melaksanakan permintaannya karena setiap kali saya ada niat untuk berkunjung ke engca, muncul dialog dalam diri saya yang kurang lebih seperti ini,

"OK, Nal, hari ini ke engca yaaa. Biar dapet kerja. Biar ga ansos juga."
"Hmmmm ... Nal, yakin kesana?"
"???"
"Di sana mau ngapain? Ga bisa ngerjain tugas di tempat ramai kan? Masa mau nonton anime? Kelihatan banget gabut. Lagian yakin kesana ga ada temen? Entar merasa sendirian di tengah keramaian lagi. Trus sedih."
"Iya juga sih ya. Di sana mau ngapain coba? Takut juga ih kalau di sana ga ada yang ngajak ngobrol."
"Nah kaaaaaaaan. "
"Yaudah deh, mending di kamar, mencoba mengerjakan tugas. Kalaupun ga ngerjain tugas, yutuban atau nonton anime kalau sendirian kan ga malu-malu amat. wkwk"

Yah begitulah ceritanya tiap kali saya akan ke engca in the past.

Saya merasa, tawaran kerja di engca ini adalah jalan yang diberikan Allah untuk membantu saya. Kan kalau ada kerja di engca, saya jadi ada alasan ke engca. Saya jadi ada alasan buat main dan ngobrol-ngobrol dengan orang-orang di sana.

Dan seperti apa?

01 Juni 2017 adalah hari pertama saya bekerja di engca. Jadwal saya jam 10-11am dan 2-3pm. Namun, saya dimintai tolong Joha, teman dari Equador, untuk menggantikannya hari itu karena dia harus ke Seoul. Jadwal dia jam 12-2pm. Ada slot kosong sejam sih tapi nanggung. Jadilah hari pertama saya, saya 5 jam di engca. Serem? Ternyata engga sama sekali. Ya Allah, terima kasih^^ Ditambah lagi, kemarin atau dua hari yang lalunya gitu saya sempet main ke engca juga. Sempet kenalan sama beberapa orang baru meskipun lupa namanya.

Salah satu hal yang berkesan di hari pertama adalah ngobrol dengan pengunjung pertama, Cheol Suk namanya kalau saya ga salah ingat. Dia ambil Electronic Engineering. Trus dia sedang tugas akhir. Mengejar wisuda Februari nanti. Semangaaaat^^ Dia ke engca sebelum engca buka. Engca buka jam 10, dia datang setengah 9.

Hal yang paling berkesan adalah ngobrol bareng Hye Yeong. To be honest, saya cukup tertarik dengan Hye Yeong. Dia terlihat tertarik dan semangat banget belajar Bahasa Inggris. Waktu itu dia nyamperin saya sambil bawa buku bahasa inggris. Rupanya dia mau latihan ngobrol sesuai yang diajarin di buku. Kami juga ngobrol bareng dengan Liyana. Seru banget. Bahasa inggris saya masih cupaks sih, ga terlalu bisa membantu dia.




Tiba-tiba nih, tiba-tiba banget,saya penasaran apa yang dilakukan teman-teman yang ga beragama ketika mereka berbahagia atau bersedih. Trus kepikiran nanyain ini ke Hye Yeong. Semoga saja diberikan lebih akrab dan kesempatan sehingga bisa nanyain.

02 Juni 2017 saya kerja lagi di engca. 6-8pm. Tapi ini ga dihitung kerja, dihitung voluntary. Sempat ketemu Hye Yeong yang mampir sekitar 5 menit, katanya dia dari rumah. Trus dia nanya bahasa inggris yang saya ga tahu. Mungkin pembaca ada yang tahu (ada yang baca gitu?)

Jadi gini. kalau kita sedang di suatu tempat, sekre unit misalnya. Pas teman kita datang, biasanya kan kita tanya "Barusan darimana?" Nah, cara mengungkapkan ungkapan itu dalam bahasa inggris gimana ya? Let me know, please ...

Di hari kedua, saya agak canggung. Banyak waktu yang di engca saya ga akrab, ga kenal malah. Bahkan, sempat engca itu kosong momplong, isinya saya doang soalnya jam 6-7an gitu jam makan malam orang korea.


Tadi saya juga sempat ngobrol dikit dengan Taemin. Dia ternyata juga tingkat akhir. Sama kayak Cheol Suk (eh ternyata setelah kepo instagram untuk memastikan nama, namanya Cheol Hoon *mringis*) but somehow Taemin lebih terlihat dewasa hahaaaa.

Trus tadi saya juga ngebersihin engca di tengah keramaian canggung-ly. Tiba-tiba di tengah saya "ngevacum", seseorang yang saya dengar namanya Gio, ngasih saya thumb up. Kalau ga salah denger, Taemin juga sempat nggremeng "hardworking". Bukan apa-apa sih, heran aja. Ini kan emang salah satu tugas kerja di engca. Saya merasa agaknya ngebersihin engca dianggap sesuatu yang terlampau baik. Atau mereka ngegituin saya biar saya ga canggung ya? Hahaaa

Well, semoga saja di waktu yang tersisa ini, semuanya bisa terselesaikan dengan baik, semua target tercapai dengan baik dan lancar. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan