Sugeng Rawuh PSTK 2013! Yo Bisa Yo!

Sugeng Rawuh keluarga baru PSTK ITB, PSTK ITB 2013! Setelah kemarin melalui berbagai acara yang super seru, akhirnya kalian yang awalnya PLE, tadi pagi banget dilantik menjadi anggota biasa PSTK-ITB.

Semua kisah berawal dari Sabtu siang, 30 November 2013. Sebelumnya, saya sudah memutuskan untuk ikut makrab mereka dengan akses ke sana adalah naik angkot bareng PLE. hahaha ceritanya belum dilantik nih. Jeng jeeeeeng... lama menunggu akhirnya saya putuskan untuk naik angkot terakhir karena ada satu PLE cewek yang dia bakal cewek sendiri kalau saya naik angkot satunya. OK, time to go. Perjalanan ini tak seperti biasanya karena hebatnya, kali ini saya tidak tidur di perjalanan. Saya nyerocos terus. Saya pun heran, tumben bisa. Akhirnya sampailah kami di villa tempat makrab, villa Naraja tertulis di papannya. hahaha..

saatnya memilih kamar, sholat trus lanjut acara dari PLE, games ceritanya. Semua games terasa menyenangkan, terasa mengakrabkan, mulai dari tepuk nama, kelinci-pohon, main tali rafia. Seru lah . . . ditambah dengan sedikit bumbu, suatu kejadian saat membeentuk lingkaran saat akan bermain game tepuk nama, yang menurut saya aneh, tapi menyenangkan karena untuk kesekian kalinya saya katakan, saya merasa dianggap ada. Perlu kalian tahu, rasanya bisa merasakan kita dianggap ada oleh orang sekitar kita itu menyenangkan, sangat menyenangkan karena tidak akan merasa kesepian, merasa diterima apapun keadaannya.

Oke, curcolnya cukup, lanjut cerita. Semua berakhir, maksud saya semua games berakhir. Semua siap-siap sholat maghrib, sholat maghrib berjamaah, ikut kloter pertama. Setelah itu hanya duduk di sofa dekat jendela, melihat pemandangan luar yang menurut saya bagus, yang akhirnya saya malah terlihat seperti orang galau. hahaha.. Sebenarnya yang saya lakukan hanyalah menikmati pemandangan sambil nunggu makan. Oke, makanan telah datang, antri ngambil makan, kami makan bersama, melingkar di ruang yang mereka sebut dengan aula. Yang membuat saya merasa nyaman adalah saya merasa benar-benar diterima di kalangan PLE 2013, bahkan mereka bilang saya ini PLE, eh apaan sih. Kembali lagi sebuah isengan muncul, saya yakin itu iseng, benaar-benar ngisengin saya, "aku pengen lungguh sanding mbak Nala", tapi saya seneng, saya diisengin berarti saya dianggap teman mereka kan. Ah, kau nal, tak bosan-bosannya mengatakan merasa dianggap oleh orang sekitar. Tapi memang jika merasa tak dianggap ada oleh orang sekitar itu rasanya sedih kawan, saya pernah merasakannya,  disaat orang-orang heboh, merasa ga diajak, disaat bersama di satu ruangan dengan yang lain, ga ada yang ngajak ngomong, disaat orang-orang euforia pasca pagelaran, semuanya berpencar sana sini, merasa tak ada apresiasi, itulah mengapa saat presbud PLE kemarin saya ga bisa menahan untuk tidak langsung memberi mereka apresiasi, ya... karena saya pernah merasakan bagaimana rasanya merasa kurang diapresiasi. Oke, lagi-lagi curcol.

acara selanjutnya adalah talkshow, yang menurut saya semakin lama semakin ga fokus. hahaha. . . cerita-cerita dari narasumbernya menarik sih, tapi godaan untuk ngobrol itu rasanya besar. Tapi saya jadi pengen suatu saat saya jadi narasumber buat talkshow bareng PLE, tentunya dengan keadaan semua interest, fokus pada saya. haha... selanjutnya adalah main game lagi... lagi diputar, pulpen berjalan, salur menyalur, pas musik berhenti, yang pegang pulpen, itulah yang dihukum. hahaha... lucu2 sih permintaan dan pertanyaannya, untung saja saya tak mendapatkan pulpen itu berhenti di saya.

jam 10 malam, it was time to pray then slept. Jadwal di rundownnya sih gitu... tapi panitia PLE, semua briefing, di kamar cowok yang akhirnya sesak, pengap. Briefing buat amazing race jam 12 malamnya. hahaha . . . ceritanya saya menjadi taplok yang tugasnya memandu kelompok yang saya pegang. Saya pegang kelompok dua nih... kelompoknya berdasarkan banjar. Sepertinya selama program PLE ini saya melakukan eh bukan, saya mengalami hal konyol yang diberikan Allah, yang membuat saya berharap kelompok yang saya pegang adalah . . . bingung ngomongnya. Oke, ga penting, yang jelas itu keturutan.

Perjalanan ini ceritanya serius, saya ga boleh haha hihi hehe, cengengesan. Oke, pos pertama di pos kedua, pos Imitasi, ceritanya disuruh bikin drama yang niruin massa PSTK. Menurut laporan yang jaga pos ini, katanya yang jaga pos sampek bilang ke kelompok terakhir, jangan niruin Nala, jangan Adrian. Saya dengan seenaknya menarik kesimpulan, saya ngeksis dengan ciri khas tersendiri di angkatan 2013, kesimpulan ini dimantapkan lagi pas tadi pagi, Yan bilang saya itu anti mainstream. katanya sih... hahaha

oke, perjalanan dilanjutkan menuju pos tiga, post two truths and a lie. di pos ini saya malah duduk, ngliatin bintang, persiapan buat perjalanan menuju pos empat yang lebih berat. hahaha... oke, melanjutkan perjalanan menuju pos empat, pos share and care. di pos ini, sempet curi denger dan cuma denger dikit banget, sempet denger seseorang pengen jadi pengendhang, ketua TW juga. waaaaahhhh saya dukung deh.

Sebelum ke pos satu, berhenti dulu, tutup mata, tutup telinga, tundukkan kepala, yang di pos satu belum selesai tuh... pas udah selesai, masuklah ke pos dengan flow tertinggi. Pos satu adalah pos Orasi teman sebelah.yang menurut saya adalah jembatan keledai terbaik dalam pelantikan eh makrab eh pelantikan ini. hahaha . . . tak kuasa saya menahan tawa di pos ini, saya berkali kali menghadap ke belakang, menyembunyikan wajah saya yang ketawa, berkali-kali menahan ketawa sampek mbungkuk2.  Tapi kelompok yang saya pegang ini akhirnya pada keren-keren. Pada berani orasi nih. dan pos ini menaikkan sedikit level hal konyol yang saya dapatkan itu. Mengapa? karena saya merasa melihat anak didik saya keren. hahaha....

Oke, sebelum balik ke villa dengan flow yang lebih tinggi lagi, mereka di kumpulin dulu, ditutup mata, tutup telinga, tundukkan kepala, nungguin panitia yang di villa siap-siap. Oke, semua siap, semua bertemu di gerbang, saya ganti tugas jaga di tangga. berasa jadi keamanan OSKM lagi dengan flow setinggi itu. setelah bla bla bla bla akhirnya mereka dinyatakan menjadi anggota biasa PSTk-ITB. aaaah... akhirnya... tapi ada yang rasanya aneh, saya merasa aneh, entah apa itu.

semua selesai pas shubuh, jadi rencana saya saya sholat, trus istirahat sebentar trus pangen keluar pas sunrise. tapi akhirnya setelah sholat saya malah ngobrol sama orang-orang di lantai bawah. Akhirnya saya keluar, menikmati pagi, duduk di tempat duduk yang itu entah apa namanya. bersila seperti orang nyari wangsit lah. akhirnya beberapa orang menyusul, akhirnya saat matahari terlihat, saya menikmatinya bersama beberapa orang. tapi saya tetap merasa aneh, ada yang ganjil, ah, mungkin cuma karena badan saya minta istirahat, pikir saya.

oke selanjutnya ceritanya ga jelas, saya malah, gletakan di sofa lantai atas, menunggu yang lain bangun, trus akhirnya saya juga turun lagi ke halaman. ga jelas banget lah. sekali lagi, rasanya masih ganjil. entah apa itu.

selanjutnya acara makan pagi bareng... rasanya ganjil lagi. Oke, saya kurang menikmati acara pagi itu. walaupun saya berusaha menghibur diri dengan kembali sok ceria, tetap saja rasanya masih ganjil. rasanya kurang bersemangat, kecapekan mungkin, ngantuk rasanya. semua membosankan, penjelasan BP semua membosankan, kecuali BRT yang saya bilang keren, karen berhasil membuat saya ga ngantuk. hahaha.. tapi akhirnya rasa ganjil tetap masih terasa.

sampai akhirnya penutupan, awarding... dan saya mendapatkan permen juga karena saya menjadi TERALAY. Sumpah, itu ga nyangka banget. Saya ini alay dari mana coba, kalau itu terkocak sih saya bisa maklum, kalau teralay??? akhirnya saya protes ke MC, tapi protesnya guyon gitu sih. kenapa saya kok teralay. ah... kalian tega. tapi terima kasih deh, setidaknya itu menurunkan rasa ganjil itu. Biarlah mereka menganggap saya alay, tapi saya tetap yakin saya ini bukan orang alay. Saya cuma kurang pencitraan. hahahaha

then, it was time to pack luggages. ga perlu packing sih... orang tinggal nyangklong tas. Oke, selanjutnya rasa ganjil terasa bertambah, turun ke halaman, semakin bertambah. Oke, saya mulai merumuskan kesimpulan kenapa rasa ganjil itu muncul, pertama, saya kecapekan, kurang bisa positive thinking, kedua, saya merasa saya takut berpisah dengan anak-anak 2013 yang selama ini akrab sama saya. kenapa? karena saya melihat kenyataan angkatan saya yang akhirnya juga ilang-ilangan, saya merasa saya takut mereka nanti seperti angkatan saya, saya juga takut nanti mereka melupakan saya. huhuhuhu... dan saat-saat foto per angkatan, rasa ganjil semakin bertambah, karena saya berpikir, kenapa saya merasa agak sedikit lepas dari angkatan saya, saya malah merasa lebih nyaman di 2013. oke, saya harus mulai memasukkan jiwa saya kembali ke 2012 yang fleksibel. dan berbagai kegiatan, saya mengambil kesimpulan tambahan, faktor hal konyol yang saya katakan tadi sepertinya mempunyai pengaruh besar. Oke, saya tau penyebabnya saya merasa ganjil.

saya coba menghibur diri, mencoba ikutan nyanyi, mencoba nonton sepak bola, ah, ga mempan juga. akhirnya sambil menunggu angkot, saya main kartu bersama teman-teman. Angkot pun datang... kali ini saya lagi kurang good mood, akhirnya angkot sepi, semua hampir tidur, sampai akhirnya entah karena apa, saya mulai ngomong "eh, di tempat kalian orang jualan soto itu tulisannya Soto Ayam atau Nasi Soto Ayam?" trus sepertinya mereka illfeel dengan pertanyaan ga penting itu. tapi saya memang penasaran. akhirnya saya mulai ngomong. trus Whewhel nyeletuk "hhhh... bar iki mesti ra mandhek ngomong", oke, sepertinya itu agak bener, hahaha... saya kembali seperti semula. Bahkan anehnya rasa ganjil itu hilang di tengah jalan saat Inggi tak tawarin pinjeman bahu saya. Lebih tepatnya kejadian setelahnya. hahaha... akhirnya saya menarik kesimpulan bahwa memang hal konyol pemberian Allah itu pengaruhnya besar banget sama keganjilan tadi. Terima kasih semua yang di angkot tadi, mengembalikan saya seperti semula sehingga saya pulang dalam keadaan ga stress.

Oke, semuanya OOT. malah ngebahas rasa ganjil.
aaaaamantan PLE 2013, Selamat datang di PSTK, selamt berjuang!!! jadilah angkatan yang membanggakan sehingga yang ngader kalian juga ikut bangga. Jangan sampai kalian sia-siakan saat-saat kalian bersama, itu akan membuat kalian merasa nyaman dengan angkatan kalian. Harapan saya adalah, selama ini saya bisa menginspirasi kalian dengan cara khas saya sendiri, sehingga nantinya kalian punya semangat yang kalau bisa lebih besar untuk menginspirasi generasi selanjutnya. selamat berjuang semuanya...

Saya juga mau ngucapin terimakasih buat semua yang kita lalui selama tiga bulan kalian dikader, terima kasih banget, bisa care sama kalian, bisa ada buat kalian itu rasanya membuat saya senang. Terima kasih sudah memberikan tambahan motif pada batik saya selama tiga bulan terakhir. terima kasih kalian sudah mau memulai perjuangan ini.

buat sesuatu yang berhubungan dengan hal konyol pemberian Allah ini, semoga ini motif batik yang memberikan efek positif pada diri saya. Walaupun itu konyol, tapi memang itu bukan hal yang harus dihindari, itu menurut saya. Yah... semuanya tergantung skenario pagelaran besar yang telah disutradarai oleh Allah. Semuanya menorehkan malam untuk motif batik kehidupan saya.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan