Presentasi Budaya PLE 2013

Presentasi budaya itu nama formalnya, tapi saya lebih senang menyebutnya pagelaran.tepat beberapa jam sebelumnya, tepatnya 27 November 2013 pukul 19.40 pagelaran PLE digelar. Pagelaran ini membawakan cerita berjudul Ande-ande Lumut. Tulisan ini bukan untuk menceritakan pagelaran tersebut, tetapi hal-hal yang saya ingin katakan. hahahaha

Sore ini, setelah saya makan di kantin masjid salman, saya menuju sekre PSTK karena saya ingin melihat persiapan acara malamnya. Ternyata saya dapati keadaan sekre yang bejubel orang, akhirnya saya ga masuk, cuma nongol lewat jendela. Clingak-clinguk, nyari wajah anak2 karawitan, ga ada. Yang langsung terlintas adalah "jangan-jangan mereka masih angkut-angkut gamelan", turunlah saya ke RLB. Ternyata  mereka ganti kostup dan make up di sana. Tidak ada yang saya lakukan kecuali duduk atau jalan ga jelas, cuma ngliatin karena saya ga bisa make up. Oke, setelah kembali ke RLB (ceritanya abis ngecek gamelan di amphi teater GKU barat), semua pengrawit sibuk sana-sini, banyak yang baru mulai make up, heboh lah, yang jatohnya waktunya molor.

Hal yang menyenangkan adalah saat membantu beberapa orang pakai jarik, lebih tepatnya nge-wiru jarik. wuaaah.. rasanya bisa care sama mereka tuh seneng. tadi sebenernya yang tak bantu cuma Wheland sama Harun sih... walaupun sebenarnya kurang membantu karena kurang profesional. hahaha.

Yang aneh adalah saya merasa senang dengan sendirinya, tau mereka bakal tampil. Saya bingung bagaimana menjelaskan rasa senang itu. Rasa senang itu lebih bertambah saat si Wheland minta foto, Hendrik juga. Mereka minta foto bareng saya. Bukan apa-apa. Tapi kejadian itu membuat saya berpikir bahwa saya ini pelatih, pelatih yang dianggap oleh mereka. Maksud saya, saya merasa saya dianggap, saya merasa orang lain merasa ada saya. pokoknya begitu lah, bingung saya menceritakannya. Sebenarnya itu menaikkan level rasa senang saya karena foto bareng Wheland dan Hendrik juga keinginan saya. Keinginan bahkan sebelum mereka diberikan tugas bikin pagelaran ini. hahaha...

Pikiran dan perasaan yang saya rasakan saat melihat gladi resik mereka kembali muncul saat menonton mereka, bahkan sejak sebelum menonton pun rasanya sudah ada. Perlu kalian tau, kalau yang kalian ajarin itu mau nampil, rasanya seneng banget, apalagi yang diajarin berhasil. begitulah rasanya tadi, seneng banget karena akhirnya hasil latihan teraplikasikan. dan yang terpikir di pikiran saya adalah saya seperti sedang berada pada masa tua dan sedang menikmati hasil kerja saya selama ini. terlalu jauh lah saya mikirnya. hahaha . . .

Selesai pagelaran pun rasanya ga kuat untuk menahan diri buat ga dateng ke mereka, ngucapin selamat, bilang mereka keren. Akhirnya, saya lakukan. Saya menuju tempat karawitan, saya ucapkan selamat ke mereka, saya bilang mereka keren, karena memang menurut saya keren. Intinya, saya mau apresiasi mereka, trus bantuin mereka ngangkatin gamelan. Untuk sekian kalinya rasa senang bertambah saat apresiasi itu disambut baik, seseorang merentangkan tangan. Entah itu guyon atau spontanitas, tapi hal itu lagi-lagi membuat saya merasa saya diangggap, membuat saya merasa saya ada di mata mereka.

Akhirnya, latihan selama ini berakhir juga, menghasilkan suatu pagelaran yang keren, menurut saya, walau masih banyak salah sana-sini. Semoga semuanya menjadi pelajaran untuk selanjutnya.

Ingin sekali saya mengucapkan ini kepada Hendrik dan Wheland, bonangers keren yang kulatih. hahaha..
Terimakasih kalian udah mau bertahan, terimakasih kalian udah sabar ngadepin proses selama ini, apalagi dengan pelatih ga jelas begini. Terimakasih kalian mau menganggap saya ada. Terima kasih kalian sudah memberikan sedikit olesan malam dari canting untuk membentuk motif batik kehidupanku. Maaf, kalian mendapat pelatih ga jelas kayak gini, maaf selama nglatih saya sering nyesatin, maaf kalau pas nglatih saya bikin kalian marah, bikin kalian sebel karena saking ga jelasnya saya. Terima kasih dah pokoknya.

Keinginan saya setelah ini buat mereka, yang saya pernha latih, Hendrik Wheland adalah mereka berdua masuk tim karawitan, terutama main bonang pas TW 43 nanti. Entah mengapa keinginan itu muncul begitu saja. Mungkin itu suatu 'balas dendam' saya karena cita-cita saya untuk main bonang pas TW sepertinya tak akan terealisasi. Itu benar-benar keinginan saya, keinginan yang kuat. makanya pengen banget keinginan pengganti itu terwujud.

oke, mulai OOT. Semangat yaa semuanyaa....

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan