Mengenang Bapak

Saya baru leren setelah perjalanan menuju Jakarta. Dalam perjalanan di atas awan tadi, saya teringat masa kecil, teringat bapak.
Kata ibu, saya mendapatkan waktu paling banyak bersama bapak dibandingkan kedua saudara saya. Yang diartikan bahwa saya paling banyak mendapat kasih sayang bapak.
Well, setelah dipikir-pikir, mungkin memang benar untuk waktunya tapi kasih sayang ... I believe it's equal. Dulu masa kecil mbak sering ditinggal bapak sekolah sementara adik bahkan sudah kehilangan bapak saat belum lulus SD.
Tadi saya ingat, dulu saya pernah les renang, mungkin sekitar setahun, atas tawaran dari bapak. Dulu tiap Rabu dan Jumat, lalu berkurang menjadi Jumat saja karena jadwal sekolah diniyah. Kedua saudara saya tak pernah mengalaminya.
Dulu saya pernah berinisiatif ikut lomba ngaji. Tak tanggung-tanggung bapak mendukungnya dengan meminta temannya mengajari saya ngaji yang lebih advanced, ada "lagu"nya. Ga menang. Tapi lumayan, pengalaman. Dulu saya perlu waktu lama untuk memutuskan berani bilang mau ikut. Hari H, saya diantar Bapak dan Ibu ke lokasi, di Radio Bonansa FM Kediri. Sekarang radionya udah kukut.
Dulu tiap lomba nyanyi di kecamatan, saya gladi bersih dulu di rumah. Yang ndengerin bapak. Sebenernya apapun lombanya, kecuali baris-berbaris, pasti gladi bersih sama bapak. Untuk cerdas cermat, berminggu-minggu saya diajar intensif oleh bapak. Untuk pidato islami alias pildacil, gladi bersih juga sama bapak.
Dulu aku inisiatif banget buat bikin jadwal piket di kelas trus ditempel. Yaampun niat banget sih ... Itu juga minta bantuan bapak buat nggambarin, membantu saya berkreasi.
Dulu sekolah MTS selalu diantar bapak. Pulang seringnya naik len alias angkot. Saat SMA hampir full antar-jemput oleh bapak. Kuliah ... sebelum bapak sakit, yang ngantar jemput mostly ya bapak, dengan wejangannya tiap berangkat, dengan rute khasnya.
...
Semoga bapak diampuni segala dosanya dan diberikan tempat yang baik. Semoga saya dan saudara menjadi anak-anak yang beneh.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan