Cerita Saja (22)

Ditinggal Ibu Kos

Jadi gini. Sudah seminggu lebih saya sendirian di kosan. Alfio memang sudah berbulan-bulan lebih memilih PP rumah-kantor, Mbak Nurul kebetulan suaminya lagi pulang jadi ya dia pulang ke rumah, sementara ibu kos sedang ke Malang untuk berlibur sekaligus mengunjungi sanak saudara.

Di kosan sendirian ada senang dan tidaknya. Ga senengnya jadi sepi gitu. Ga ada yang diajak ngobrol kecuali barang. Ga ada pula yang bangunin kalau kesiangan. Dari sini saya jadi prihatin dengan para orang tua yang harus menghabiskan masa tuanya seorang diri. Pasti sepi. Tapi kalau kata bapak, jangan kamu merasa kesepian, jangan takut sendiri. Ada Allah. Yah meski begitu saya tetep sering merasa ga punya teman sih haha.

Nah senengnya, saya jadi bebas mau ngapain aja. Kalau pulang kerja olahraga, ga harus tiba-tiba berhenti karena diajakin makan. Daaan saya jadi terpaksa masak. Sebenernya bisa sih makannya beli. Tapi saya kok prefer masak sendiri ya. Kalau beli paling menunya gitu-gitu aja. Lagian sayang bahan-bahan di kulkas. Kalau sendiri gini saya bisa bereksperimen sesuka hati sekaligus mengingat masa hidup tiga tahun lalu yang memaksa diri untuk memasak makanan sendiri. Haha meski eksperimen, kayaknya skill saya belakangan ini better than before ðŸ˜Ž

Menghadapi kesendirian di kosan ini, atau yang sebenernya lebih utama adalah kemandirian pangan karena harus masak sendiri, saya jadi sadar ternyata waktu saya kurang. Biasanya saya pulang abis maghrib. Anggap sampai kosan pukul 18.30. Kemudian olah raga. Kalau dulu durasi olah raga saya 10-30 menit, belakangan jadi dua kali lipat. Sekitar 30-60 menit bahkan sering lebih bergantung jadwal hari itu seperti apa. Saya jadi sering ngikuti program gitu jadi ga bingung milih workout yang mana tapi durasinya jadi lamaaaa. Belum lagi mendinginkan badan kan. Masa masak masih keringetan dan ngos-ngosan. Kalau ada bu kos sih biasanya beliau masak pas saya olahraga, saya sering bantuinnya dikit, bahkan ga sama sekali malah disuruh olahraga aja. Hehehee bu kos tahu saya olah raga untuk melepas penat kerja.

Nah setelah itu, baru saya masak, trus makan, baru mandi, kemudian sholat. Daaaan seringnya kegiatan-kegiatan ini baru selesai sekitar pukul 22.00. Meski begitu, sering ga bisa langsung tidur. Pasti masih nonton yutub atau baca blog orang atau lainnya. Haha these days saya lagi malas baca buku jadi agenda baca buku sebelum tidur dilewati. Kalau agenda baca buku ini dimasukkan, waktu sepulang kerja saya jadi makin terasa kurang nih. Soalnya mencari hiburan di hp tu menjadi kebutuhan yang cukup eummm ya begitu. Jadi seringnya ga diskip.

Akhirnya saya mendapat pencerahan bahwa saya perlu pulang lebih awal. Bahwa kayaknya kerja yang overtime seperti biasanya perlu dikurangi atau bahkan dibiasakan untuk tidak menjadi kebiasaan.

Ini masih ngurusin diri sendiri, kalau udah ngurusin anak gimana yak ... Wah keren juga ibu-ibu yang memilih untuk bekerja penuh waktu di kantor. Salute. Sungkem.


Menulis

Saya baru sadar ternyata teman-teman saya lumayan ada beberapa yang nulis blog. Yang saya ingat, saya sering baca blognya Suy, Syahbana, Kak Syarif, Kak Doti ... Bahkan alamat blog ini terinspirasi dari alamat blog nya Kak Doti yang lama. Dulu alamat blognya panjangbanget.blogspot.com, nah ini menginspirasi saya untuk memberi alamat blog yang kesannya haha-hihi gitu akhirnya muncullah katanyanala dengan Porto Folio nya. 

Selain 3 tadi, saya (dulu) juga selalu update tumblr nya Manasikana. Teman-teman kuliah yang di lapak Tumblr yang saya tahu ada Mbak Ulul, Prihatiningrum, Dewanto, Ellisa, Andini, dan Patrianisa. Ga semuanya tipe bacaan saya sih hehe. Tapi ya intinya temen-temen saya menulis

Dulu Kokoh juga sempet nge-blog, meski sekarang ga lanjut, isinya esai ilmiah (duh bukan bacaan hiburan banget). Aji juga sempet ngeblog bahkan sampai diopeni tampilannya namun mandheg hingga sekarang. Selain itu, saya baru tahu setelah lulus kuliah bahwa teman saya yang bernama Herawati juga ngeblog bahkan sejak 2012. Lebih duluan daripada saya.

Di kantor, saya ketemu Mas Nugroho yang juga blogger. Blognya ga cuma satu lagi (tapi yang saya baca satu aja wkwk). Saya ketemu juga sama Mbak Primadini yang suka nulis blog juga. Tulisannya dalam Bahasa Inggris. Keren nian. Saya juga nemu Mbak Maulida yang juga blogger. Kontennya lebih banyak sastra. 

Orang-orang keren kayak Mbak Gitasav (public figure), Kak Rousyan (CEO Pahamify - belakangan kayaknya dia ga mau disebut CEO sih), Pak Dahlan Iskan (Mantan Direktur Jawa Pos, Mantan Menteri BUMN 2011-2014) ... mereka orang-orang keren saja punya blog. Dari sana saya  banyak belajar hidup terutama dari pemikiran-pemikiran mereka. 

Hmmm karena orang-orang keren ini smenulis somehow saya jadi bangga punya blog 😊 hihi. Ya meski isinya curhatan begini, tapi berdasarkan pengalaman saya, bahkan kita bisa belajar dari curhatan orang lain. Saya berdoa semoga blog saya, meski lebih banyak difungsikan sebagai tempat sampah, tetap memberikan manfaat bagi pembaca. Yah paling tidak untuk diri saya sendiri saat mengunjungi tulisan lama. Dinasehati diri sendiri di masa lalu tu rasanya hangat dan nyaman. 

Sudah dulu deh. Feeling saya lagi kurang connected. Ini kalau dibaca kayaknya akan aneh deh. 

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan