Payon Pertama

Kemarin, Sabtu, 12 Oktober 2013, menjadi payon pertama yang  saya ikuti setelah sekian lama menjadi anggota PSTK. sebelumnya kasih tau dulu lah ya, payon itu apaan. Payon itu semacem undangan buat nampil di suatu acara, kebetulan kali ini payon buat orang nikahan. lokasinya di SECAPA. sepenangkapan indra saya, tempat itu semacam gedung nikahan buat TNI gitu, soalnya tempatnya di kompleks TNI.

Semuanya dipersiapkan dari siang. Jam 12 loading gamelan, jam 2 mulai make up. tapi walaupun begitu jam setengah tiga saya baru sampai di sekre karena sebelumnya  asyik pusing-pusing mikir simulasi praktikum sistem digital. hahaha.. masih sempat-sempatnya. kostum kali ini adalah kostum yang berbeda dari penampilan biasanya. biasanya itu pakai kebaya warna ijo kalau ga pink atau merah, semuanya hampir 'waleh' dengan kebeya-kebaya itu. kali ini, pakai kebaya warna kuning agak krem. trus yang cowo pakai kostum warna krem. matching lah yaaa.kalau boleh jujur, saya pengen banget pakai baju buat cowo itu. kayaknya keren gitu lo... hahaha

semuanya selesai jam 4, dan memang harus selesai jam 4. well, then semua keluar, foto-foto dulu sama pak Bram. kali ini baru sadar, ternyata cewe nya yang main lebih dikit. padahal biasanya pas latihan itu cowo nya yang keliatan dikit. yaudah lah yaaa, ga masalah juga. trus nunggu angkot, sambil gerimis-gerimisan. selama perjalanan, seperti biasa, yang bikin rame adalah cowo-cowo. dan guyonan terseru adalah nggodain mas Akbar yang perutnya 'mblendung' kayak orang hamil gara-gara stagen yang terlalu tebel. hahahaha.

tiba-tiba saja sudah sampai di lokasi. tempatnya lebih mewah dari ekspektasi saya. haha... sementara yang cowo pada nata gamelan, yang ciwi-ciwi malah foto-foto, astaghfirullah... buru-buru lah cek sound, main ini, main itu... tadi malem itu mainnya ga jelas kapan harus main, kapan harus gimanaa. ekspektasi saya bakal jelas banget kita main pas abis apa, sampai kapan. tapi yaudah lah yaa.. toh semuanya juga lancar. sebenarnya ga lancar-lancar juga sih... karena memang lapangan itu dinamis, saya ragu itu suara gamelan kedengeran samapi ujung ruangan atau ga. semoga saja kedengeran ya.. main di are kayak gitu tuh ternyata ga seenak latihan biasanya. pertama, suara yang lain ga terlalu kedenger, kedua, ga ngerti suara karena pengaruh kondensor itu hasilnya terlalu keras atau malah ga kedenger.

saat istirahat buat makan adalah saat ISO main. semua berpencar, ngambil makanan sendiri-sendiri. makanan yang aneh-aneh. bagi saya, tetap soto yang paling enak. tapi tak ada soto di sana. jadi, terpaksa juga makan makanan yang rasanya  (menurut saya) anneh. mungkn karena lidah saya lidah orang desa, sukanya ya makanan-makanan yang 'ndeso', macem soto, pecel, kulupan, lalalalala...
akhirnya semuanya diakhiri dengan foto bersama penganten. hahaha.. trus bercanda santai-santai nunggu angkot sama pick up buat gamelan. trus pulang.....

akhirnya latihan buat payon selama ini tereksekusi tadi malem. setelah selama latihan mendapat stress karena saya loading buat bisanya lama. juga karena tertekan dengan ekspresi pengendhangnya yang kelihatan banget 'kacel'. juga sempat sakit hati, karena pernah dibilang hopeless, kalau aku saja yang dibilang gitu gapapa, udah biasa, kalau semuanya ya ga seneng lah yaa. tapi yaudah lah, semuanya sudah terlewati. semoga semuanya menjadi pelajaran buat selanjutnya.

terimakasih buat mas mbak yang udah mau ngajakin saya buat main payon. terimakasih atas kesempatan ini. terimakasih udah mau kasih kepercayaan. maaf, memang saya belum bisa dikatakan bisa main sebaik 'mince'. maaf kalau saya sering bikin kesal. maaf kalau saya malu-maluin. terimakasih semuanyaaa

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan