Allah Memberi yang kita Butuh, Bukan yang Kita Pengen

kata-kata di judul itu saya dapat dari kakak mentoring. saya merasakannya beberapa hari yang lalu. saat itu hari kamis, malamnya saya harus latihan buat main payon. latihan sampai jam 10 kalau ga salah. sebelum itu, saya sudah merencanakan nanti belajar buat UTS matematika teknik, baca  modul buat praktikum yang kebetulan semuanya dilaksanakan besoknya. sudah berencana untuk tidur sekitar 1-2 jam karena kemarinnya sudah tidak tidur. semuanya terasa sudah matang. siap dilaksanakan.

sesampainya di kosan, saya langsung sholat isya, lalu saya tilawah karena seharian belum baca qur'an sama sekali. saya hilang kesadaran. lebih tepatnya saya tidur. dan baru bangun jam 6 pagi. keadaan masih memakai mukena. saya mencoba mengingat-ingat kok saya bisa tidur masih pakai mukena, walaupun itu sudah biasa. terpikir, apa tadi malam saya ketiduran pas sholat. ah, kebangetan banget.  ah, tidak. tadi malam kan saya udah baca qur'an. ah iya, qur'an. saya meraba-raba sekitar. ketemulah qur'an tergeletak di belakang saya. ketahuanlah kapan saya tidur. saya ketiduran pas baca qur'an. bahkan saya ga bisa bayangin gimana caranya bisa pas baca trus tiba-tiba tidur.

yah.. akhirnya semua rencana gagal kan. saya pasrah saja. belum belajar matek, belum ngert-ngerti amat karena setiap kelas sering tidur, dan nati jam 1 nya UTS. trus belum belajar modul buat praktikum. saya pasrah saja. jalani saja semuanya.

alhamdulillah tes awal praktikum lancar, hanya tak hafal tujuan praktikum. dan praktikumnya??? kurang lancar karena saya dan partner saya sama-sama ga ngerti. akhirnya kami seperti orang linglung, ga tau ini sebenarnya ngapain. tapi ya sudahlah. semuanya berakhir dengan praktikum yang ga selesai dan kami belum mengerti vhdl.

sebenarnya ada jeda dua jam yang bisa digunakan buat belajar matek. tapi saya ada mentoring.saya putuskan ikut mentoring, masalah  matek ya sudah lah, biar diurus Allah. setelah mentoring yang membahas tentang wanita, yang berakhir dengan jaga baik-baik diri kita, saya sholat. lalu menuju ruang ujian yang awalnya ga jelas dimana. akhinya ketemu, di TVST A. di ruangan ujian, saya sudh komat-kamit baca sholawat, kebiasaan saya kalau lagi bingung, takut. setelah berdoa, saya mulai mengerjakan soal. soal nomor satu, lewat, ga yakin bisa ngerjain. soal nomor dua bisa ngerjain separoh, lanjut soal nomor tiga.... dst. akhirnya saya bolak-balik, saya kerjakan yang belum. semuanya selesai, entah itu benar atau tidak. yang jelas saya sudah berusaha. tapi saya menganggap itu lancar, karena saya masih bisa mengerjakannya, entah itu benar atau salah, yang penting saya bisa mengerjakan.

dari situ saya berpikir, rencana saya semua gagal, karena mungkin kalau saya tidak tidur lagi, saya malah sakit atau paling ringannya, pas praktikum sama UTS jadi ga fokus. tapi Allah ngasih saya tidur, bukan ngebut belajar. akhirnya saya punya tidur cukup. dan mungkin memang itu yang paling saya butuhkan saat itu. istirahat. toh, semuanya lancar kan???

jadi intinya, jangan langsung nge-judge Allah ga mau ngabulin permintaan, permohonan, keinginan kita. Allah pasti ngasih yang terbaik buat kita. doa kita terkabul itu kan bisa berbagai cara, bisa benar-benar sesuai dengan apa yang kita harapkan, bisa ditunda dulu sampai sekian lama, bisa juga dikabulkan dengan jenis yang lain, maksud saya diberikan bukan seperti yang kita harapkan. tapi itu semua harus disyukuri karena itu yang terbaik untuk kita. karena Allah tau apa yang terbaik buat kita.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan