Keberangkatan -- Part 2

Lanjutan cerita keberangkatan saya ke Korsel dua tahun lalu ...

Setelah pesawat landing, saya berpisah dengan si bapak samping saya. Beliau buru-buru kali ya. Cepet banget ngilangnya.

Nah, turun dari pesawat saya kembali sendiri. Belum tahu apa-apa sih di bandara Incheon jadi asal ngikutin orang-orang saja jalan ke mana. Setelah melewati bagian imigrasi, saya harus naik kereta ke gate lain buat ambil bagasi. Nah, di kereta ini nih saya sempet kenalan sama dua mbak-mbak yang sebelumnya sempet saya foto dari belakang. Ternyata mereka lagi liburan seminggu di Korsel.



Saya pikir kami bakal berpisah setelah ngambil bagasi masing-masing. Eh ternyata dua mbak-mbak ini mau nemenin saya. "Kasian ih kamu sendirian gini," kata mereka. Ya sudah. Saya sih seneng-seneng aja ada temennya. Selanjutnya kami duduk di ruang tunggu bandara, tempat orang-orang yang njemput dan ngantar itu loh. Nah di sana kami ngecas hape. Mbaknya sempet nawarin makan bareng di bandara sih, kasihan kali ya lihat muka saya. Tapi akhirnya ga jadi soalnya kami bertiga masih kenyang. Kan abis sarapan di pesawat.

Sebenarnya saya sudah tahu apa yang harus saya lakukan sehabis dari bandara untuk perjalanan selanjutnya. Tapi saya sudah janjian dengan anak telkom buat naik bus bareng. Penerbangan mereka dan saya selisih setengah jam. Ditambah waktu buat ngambil bagasi dan cari-mencari, saya menunggu mungkin sekitar satu jam di ruang tunggu itu.

Setelah bertemu, ternyata tak serta-merta saya bisa getting along dengan mereka. Saya masih jadi orang asing. Ternyata mereka ke Korsel diantar satu gurunya. Astagaaa wow. Saya jadi inget dulu saya ada di posisi mereka. Dulu pas SMA, kalau ikut lomba di Surabaya gitu saya selalu dianter beberapa guru. Diopeni apik lah pokok. Sementara anak SMA tetangga ga dianterin sama sekali. Dulu saya mbatin gitu, "Wah keren! mereka ngurus apa-apa sendirian. Berani banget!" Eh lha kok saat itu dunia sudah berputar 180 derajat dari sudut pandang itu. Hahaha.

Saya kan mau bareng mereka ngebus nih. Saya samperin deh si bapak guru. Tanpa basa-basi, saya minta tolong mau nitip beli tiket bus. Saya kira Telkom guys tuh udah bilang ke gurunya kalau ada anak kampus lain sendirian, mau bareng, namanya ini, nanti kalau udah ketemu dikenalin. Eeeeeeeh ternyata si bapak waktu itu heran tiba-tiba ada orang asing minta tolong nitip beli tiket bus. Lu sih, Nal! harusnya kenalan dulu. SKSD.

Untuk beli tiket bus, harus keluar bandara. Setelah keluar ini saya dibikin excited lagi. Hawa dingin mulai terasa. Waktu itu penghujung musim dingin. Masih sangat dingin buat orang tropis ga tahan dingin kayak saya. Seneng banget kalau lihat pas ngomong keluar asepnya wkwk.

Di bus, saya dapat seat paling belakang pojok kanan. Pas banget buat saya yang sendirian di antara sekelompok orang-orang ini. Hahaha. Pada akhirnya nanti saat pulang, saya kembali milih seat ini buat mengenang saat pertama hihihi.

Masuk bus dan kembali hangat

Seneng banget dapat tempat duduk samping jendela. Bisa lihat pemandangan di luar. Sebenernya capek banget sih tapi tiap mengalami perjalanan pertama bawaannya susah tidur. Pengen banget lihat pemandangan sekitar. Adanya Wi-Fi di bus bikin gampang menghubungi buddy. Membantu banget sih soalnya waktu itu kami belum beli sim card jadi ga ada akses internet sama sekali setelah keluar dari bandara. Ohiya buddy adalah seorang murid yang dipilih kampus tujuan untuk mendampingi murid pendatang. Tiap murid pendatang mendapat satu buddy.

Karena masih musim dingin (meski mau habis), pemandangannya ya monoton saja. Kering semua. Beberapa sungai masih ada yang ada sisa esnya tapi lebih banyak yang sudah mencair. Itu benar-benar pemandangan baru buat saya. Ke manapun memandang, gersang. Trus juga jalannya lebar dan sepi, Coy! Mungkin waktu itu kecepatan busnya nyampe deh 80 km/jam. Seneng banget lihat jalanan di kota maju. Kelihatan rapi dan tertib gitu loh. Ga asal-asalan gitu nyetirnya. Dan relatif sepi jadi lebih nyaman dipandang soalnya banyakan orang milih buat pakai transportasi umum.

Gersang, kering, dan dingin


Kami naik bus cuma sampai Terminal Bus Gumi. Di sana buddy-buddy menjemput. Buddy saya ga bisa jemput soalnya ngedatengin wisuda temennya. Dia mewakilkan tugasnya ke seorang buddy lain yang namanya 박체덕 (gini sih kalau ga salah tulisan namanya), bacanya Park Che Dok.

Selanjutnya kami naik taksi sampai kampus. Ada yang bertiga. Ada yang berempat. Waktu itu saya bertiga sama Telisha dan si Che Dok itu. Trus dibayarin Che Dok. Gamsahaeyo, Che Dok-ssi!

Sesampainya di sana, akhirnya saya ketemu 김원경(Kim Won Kyeong) alias Bono si buddy saya. Setelah registrasi kamar, kami diantar buddy masing-masing ke kamar. Karena buddy saya cowo, akhirnya dia nitipin saya ke seorang buddy cewe bernama 선화(Sun Hwa). Saya diantar ke kamar oleh Sun Hwa. Kamar saya di lantai lima. Padahal anak-anak Indo lainnya di lantai satu. Ga tau kenapa saya disendiriin gini.

Ini Bono, buddy saya. Foto ini bukan pas pertama ketemu sih tapi pas ambil personality test.


Kamar saya masih kosongan. Saya kira saya bakal sendirian karena di pengumuman sebelumnya, ga ada nama lain selain nama saya di kamar itu. Tapi akhirnya saya punya temen sekamar kok. Anak Korsel semua hahaha. Ini oleh-oleh dari saya. View dari jendela kamar saya saat pertama kali tiba. Waktu itu pukul 17.13 KST. Wah saya bahagia banget nulis pengalaman ini ^^


Asrama sebelah


Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan