41 Weeks

Saya mau curhat.

Besok sudah 41 minggu usia kehamilan saya. Banyak banget belokan-belokan tajam kehidupan dalam beberapa bulan terakhir. Membuat semua yang sudah direncanakan sia-sia semata.

Sejujurnya saat ini kondisi mental saya kurang baik, dalam artian banyak pikiran-pikiran yang sering mengganggu tapi mengganggunya terasa menjadi beban. Kehamilan yang melewati Hari Perkiraan Lahir (HPL) saja sudah bikin insecure, apalagi kalau lagi menyadari kok kayaknya krucil di dalam ini terasa diam terlalu lama. Insecurenya tambah-tambah. Khawatir dengan usia kehamilan yang udah segini bikin lingkungan rahim kenapa-napa: apakah ketubannya cukup? ketubannya masih bagus ga? plasentanya masih bagus ga? Dari hal seperti itu saja sudah bikin stressing out. Belum lagi yang lainnya.

Dulu awal-awal hamil, saya memang punya pikiran untuk lahiran di kampung halaman. Di Kediri. Kemudian harus digugurkan setelah mencapai kesepakatan dengan suami mempertimbangkan banyak hal. Kami memutuskan dan sudah merencanakan lahiran di Madiun. Dokter sudah dapat yang mantap di hati. Rumah sakit sudah disurvey semua opsinya dan sudah ada kecenderungan memilih di mana. Hbig-nya krucil juga sudah didapatkan di puskesmas terdekat. Semua seperti sudah bulat dan mantap saja plannya. Ternyata dalam waktu yang sangat singkat rencana tersebut harus berubah menjadi lahiran di Kediri.

Kami memutuskan Mas Darmo mengambil kesempatan kerja baru. Mengharuskan kami berpisah. Akhirnya karena kebetulan waktu itu sudah H-sebulan HPL, saya memutuskan untuk mengambil cuti lebih awal dari rencana awal. Awalnya mau saya mepetin tuh cutinya sama HPL, awal April begitu. Pada akhirnya saya ambil cuti per 13 Maret 2023 lalu. 

Dalam hati, saya bilang ... Ini sih keinginan saya dulu pada akhirnya keturutan.

Dengan sisa waktu yang ada, yasudah saya pilih dokter dan rumah sakit rekomendasi mbak saya. Cocok ga cocok ya saya bertahan dengan itu karena kalau ganti lagi, waktunya sudah terlalu mepet. Hbig krucil juga sudah diurus di puskesmas kecamatan. Dengan dokter dan rumah sakit ini saya sudah sampai tahap ditawarin induksi namun saya minta diulur beberapa hari dulu nunggu suami di rumah.

Periksa ke dokter tanpa partner bikin beberapa pertanyaan luput ditanyakan. Pelupa sih. Akhirnya saya double konsul ke bidan juga. Nah, ngobrol-ngobrol-ngobrol, ternyata akan lebih baik jika saya nanti kalau lahiran menuju ke rumah sakit dengan tipe B karena di sana ada bank darahnya (HbsAg saya reaktif jadi katanya ada risiko perdarahan). Pas mau lahiran pun saya harus ke puskesmas kemudian puskesmas akan mencarikan rumah sakit (nyariin kamar sih) dengan tipe B (prosedurnya begitu). Ini baru diketahui beberapa hari yang lalu. Secara tiba-tiba rencana pilihan dokter dan RS saya harus berubah karena RS yang saya pilih ternyata tipe C. Di tengah waktu sudah mepet libur lebaran begini bikin bingung sih. Asli. Tidak bisa mempersiapkan sematang di Madiun dulu. Semua rencana harus berubah tiba-tiba.

Menghadapi hal-hal seperti ini rasanya uwaw sih bagi saya. Sudah beberapa kali sampai terpikir, gini amat sih. Suami ga di dekat sini. Mau ngapa-ngapain harus ngerepotin sodara-sodara, terutama yang perlu keluar rumah. Ga jelas pula nanti apakah pas lahiran bisa ditemenin suami. Mau ngeluh-ngeluh juga suami lagi stress sendiri dengan urusan pekerjaan barunya. Anak baru lagi dikasih banyak tugas dan kegiatan gitu. Belum lagi lelah fisiknya karena belakangan sering bolak-balik demi bisa standby nemenin saya. Kasihan sendiri lihatnya.

Belum lagi kena omelan ibu.

Temen-temen sejawat yang "barengan" hamilnya juga sudah lahiran. Ga bisa dipungkiri menambah insecurity sih. Kok saya belum ngrasain kontraksi sih. Kontraksi palsu mungkin udah (yang saya sendiri ga tau beneran atau engga) tapi ga yang tiap hari nongol.

Bingung. Apa yang harus saya lakukan? Kurang apa? Pertanyaan-pertanyaan penting-ga penting sih. Yah gitu deh pokoknya bikin stressing sendiri. Saya sebenernya juga kepikiran, mungkin saya kurang seneng-senengnya. Terlalu stress jadi oksitosinnya kurang. Tapi ternyata pikiran ini selain memunculkan, "Yaudah hayuk calm down. Semuanya udah diatur kok." juga memunculkan, "Yah melas sih emang. Pas harusnya butuh oksotosin dimana mungkin kalau ada suami jadi lebih gampang karena kalau ada apa-apa bisa ke suami, kalau pinggang ga enak bisa minta dielus-elus, kalau yoga bisa barengan, kalau jalan-jalan bisa minta ditemenin, kalau pengen makanan atau pengen keluar bisa dianterin, dll." yah intinya memunculkan dua sisi lah. Maaf yak, Mas Darmo, aku curhat di blog. Wkwkwk

Yasudah, pembaca yang mungkin tak ada selain saya sendiri, segitu dulu saja keluhan saya. Mari berdoa semoga krucil diberi kesehatan fisik dan mental. Begitu pun bapak dan ibunya. Semoga krucil diberi lingkungan yang sehat selama di rahim sampai nanti waktunya dikeluarkan sama Allah. Semoga pas udah keluar juga dikasih lingkungan yang mendukung secara fisik maupun mental. Semoga dikasih ASI yang lancar biar bisa memenuhi kebutuhan primernya krucil. Semoga lahiran nanti menjadi pengalaman yang happy, smooth, easy, and healthy. Semoga lahiran bisa ditemenin Mas Darmo. Semoga bisa lahiran pervaginaan secara natural.

Comments

Popular posts from this blog

Es Wawan