The First day of KP


Hahahaaa hari ini hari pertama saya kerja praktik lhoo. Mulainya lebih telat daripada teman-teman saya yang lain yang KP di tempat yang sama. Alasan yang cukup konyol : salah masukin tanggal di proposal. Kirain hari senin itu tanggal 26 Mei. Ternyataaaa ~

Ehm. Saya KP di PT Len Industri.

Karena hari pertama jadi saya mau memberikan yang terbaik. Beberapa hari yang lalu saya sempat menginap di rumah teman saya. Kebetulan papanya kerja di LEN. Saya mendapatkan info kalau di LEN itu masuknya jam SETENGAH 8 PAGI. Bangunlah saya lebih pagi daripada biasanya walaupun itu sebenernya juga kesiangan. Baru berangkat 6:21. Tak sempat sarapan. Untung saja di angkot ketemu bapak-bapak yang jualan jajanan gitu. Saya beli deh. Emmm sebenarnya rada terpaksa sih. Maklum lagi bokek.

Iya. Saya naik angkot. 3 KALI. Sebenarnya kalau tiap hari ngangkot tekor juga sih kantong ini. Hahahaaa.

Berbekal informasi dari salah satu teman, informasi saya harus kemana dulu, akhirnya saya menuju bagian diklat terlebih dahulu (walaupun sebelumnya tetep Tanya-tanya sama pak satpam dan sempet tanya ke mbak-mbak receptionist). Lumayan juga sih nunggu. Lha wong pembimbingku belum datang. Katanya sih pembimbingku pak Husnan. Tapi . . . Pas ketemu Pak Husnan saya diserahkan ke Pak Ridlo. Emmmm yasudah. lanjut.

Setelah diberi penjelasan ini itu, peraturan ini itu dan menunggu sekitar satu jam akhirnya saya diantar sama adik-adik (sebenernya lebih enak nyebutnya mas-mas, tapi apa boleh buat, gue lebih tua :D) anak SMK yang lagi PKL di Len. Saya dianter ke gedung tempat divisi saya ditempatkan. Pustekin.

Dititipin dulu di ruang anak2 KP. Ketemu Kwo sama Jefery. Akhirnya pak Husnan datang. Ditanyain mau di bagian mana.
“Emm kemarin saya sih di proposal menyebutkan di bagian perkereta-apian begitu, pak.”
“Ooh lalu mau concern ke yang mana. Software atau embedded?”
Bodohnya gue kurang begitu memahami apa itu embedded. Di kepala saya embedded itu saya bikin IC yang isinya transistor-transistor dan lalalaaa. Pokoknya Elka banget deh dan itu bukan selera saya banget. Akhirnya saya memilih di bagian software.

Sepulang dari KP mampir ke kosan Rahmi buat pinjem duit *heheh sekalian cerita. Daaaan . . .
“Aku tadi disuruh milih gitu, mi. Mau embedded atau software. Aku milih software aja. Tapi masih rada kurang sreg gitu sih sama bidangnya. Abis koding banget.”
“Hah? Kan Embedded kayak sismik, Nal. Lanjutannya sismik kan embedded. Kenapa kamu ga milih itu cobaaa.”
Hah? Tweeeeng. Yasudah jalani saja.

Salah besar saya memutuskan untuk tidak membawa bekal hari ini. Saya pikir karena ini hari pertama, So it would just be an introduction to some rules, greeted by my mentor. Yea intinya saya pikir bakal Cuma pengenalan-pengenalan, pengakraban doang. Eeeeeeh, hari ini ternyata langsung action.

Kerjaan pertama : GANTI VARIABEL PROGRAM.
Kerjaan yang remeh-temeh memang hahaaa. Tapi kalau line-nya sampai sampek 7ribuan (total file 4. Ada yg lebih dari 10rb line cobaaaa) ya mabok juga. Ga bisa seenaknya replace lagi. Hahahaaa. Kami diberikan waktu dua minggu untuk mengganti variable dan memastikan dengan variable-variabel itu software simulasinya mau jalan.

Saya masih ga kebayang nanti KP isinya bakal ngapain aja. Saya ga mau, ga mau bangeeet kalau KP saya cuma ganti variable program. Ya walaupun itu nguli dan butuh banyak tenaga tapi kalau begitu saja lalu apa bedanya saya dengan anak yang baru belajar komputer? Hahaaa

Pengalaman hari pertama : SALAH MASUK TOILET
Ini bener-bener kejadian memalukan. Memalukan sekali. Sebenernya bukan saya yang salah sih. Orang saya masuk toilet wanita. Posisi toiletnya saja yang “salah”.

Adzan memanggil. Saya dan teman-teman yang muslim turun untuk ke masjid buat sholat. Awalnya saya ngikut teman-teman saya yang kebetulan cowo semua. Trus saya tanya
“bentar. Ini jalan masuk buat cowo kan? Buat cewe lewat mana? Wudhunya dimana?”
“gatau sih, Nal. Tapi di sebelah situ ada toilet cewe kok”
“Oh ..”
Tapi akhirnya saya putar balik. Malu. Tapi akhirnya saya tanya bapak-bapak. Kayaknya bapak-bapak ini juga kurang tau kali ya hahaa.
 Beliau tau tempat sholat cewe tapi ngasih tau juga kalau di situ (di tempat yang ditunjukin temen saya tadi) ada toilet cewe. Oke saya percaya. Saya masuk toilet.

Heran.
“Kok ini toilet sepi banget dah.”
“Kok baunya aneh ya. Kayaknya kalau toilet cewe ga sebau ini.”
“Ga ada tempat wudhu lagi. Adanya wastafel. Apa wudhu di wastafel aja yaa. Yaudah deh.”

Untung saja saya belum ngapa-ngapain. Cuma nglipet lengan baju. Tiba-tiba aja ada cowo masuk tapi ga jadi karena saya lagi di dalem. Ga cuma sekali tapi sampe dua kali. Sampe2 terdengar suara dari sebelah (toilet cowo) : “Di dalem ada ibu-ibu”. Wah berarti ada beberapa orang lagi yang mau masuk toilet cewe. Gue dikira ibu-ibu lagi -___- Buseeeet. Jadi ini toilet cewe biasanya dipakai para cowo. Oh meeen pantesan perasaan gue ga enak. Akhirnya saya putuskan. Saya ga jadi wudhu di situ. SAYA HARUS CEPAT-CEPAT KELUAR dan menahan malu.

Sebel bangeet rasanya. Etdah itu entah itu bapak-bapak atau masih mas-mas. Tapi itu toilet cewe gituuuuu.

Keluar dari sana (sumpah rasanya malu banget) ketemu Adit. (Maaf ya, tapi karena saya mengira Adit muslim) asal saja saya tanya.
“Dit, tau tempat wudhu cewe ga? Duh di toilet sana cowonya masuk toilet cewe coba.” 
Tentunya dengan gaya saya yang lagi sebel dan semi menahan malu. Dia ga tau. Taunya di lantai tempat kami KP tadi ada mushola kecil gitu. Oke saya mau sholat di sana saja.

Tapi di tengah jalan saya ketemu ibu-ibu dan minta tolong dikasih tau tempat wudhu sekalian tempat sholat. Saya terselamatkan. Tapi ya tetep saja di di masjid tiap liat cowo rasanya masih malu banget. Kepikiran gimana kalau tadi mereka liat gue keluar dari toilet cewe yang di sebelah tadi. Tapi yasudahlah. Mau tak mau toh saya harus berjalan melewati mereka menuju gedung tempat saya KP tadi.

Kembali lagi pada kerjaan. Tapi lebih ga fokus lagi. Udah capek kali yaaa. Ternyata kerja itu capek ya. Apalagi kalau kerjaannya cuma ngganti variable gini pasti bosen banget. Ga kebayang kalau ini semua yang ngerjain bapak pembimbingku itu sendirian. Mabok pasti.

Kekonyolan (lagi) di hari pertama : SALAH ARAH
Adzan Ashar akhirnya berkumandang. Saatnya sholat. Saya mau mencoba musholla yang dikatakan adit tadi. Saya ke sana. Kecil. Cuma muat buat 3-4 orang. Sajadah sudah tertata. Saya mengambil posisi dengan sajadah itu landscape. Sudah rokaat kedua dan tiba-tiba saya kepikiran (kok kepikiran ya).

“kok sajadahnya dibikin begini ya? Kenapa buat imam sajadahnya juga posisi landscape? Kalau makmum cowonya satu ga masalah sih. Nah kalau lebih dari satu?”
“Lagian itu kenapa tempat mukena ada di depan ya. Bukannya biasanya kalau ga di samping ya di belakang?”

Saya ragu akan posisi sholat saya. Saya batalkan. Dan saya menyadari ternyata di atap ada penunjuk arah kiblat. Dan memang saya salah arah. Hahahaaa.

Hari pertama ini konyol sekali lah. Semoga untuk selanjutnya saya menjadi semakin baik, semakin ikhlas dan menikmati apa yang saya kerjakan dan semoga diberikan kelancaran untuk kerja praktik ini. Semangaaaat^^

Popular posts from this blog

Es Wawan